Breaking News:

Virus Corona

Muncul Anggapan Pasien Sembuh dari Covid-19 Menjadi Kebal dengan Virus Corona, WHO Beri Penjelasan

Sempat beredar informasi bahwa pasien yang sembuh dari Covid-19 memiliki kekebalan tubuh melawan virus corona. Begini penjelasan dari WHO.

Editor: octaviamonalisa
Pixabay.com
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Sempat beredar informasi bahwa pasien yang sembuh dari Covid-19 memiliki kekebalan tubuh melawan virus corona.

Benarkah pasien yang sembuh dari Covid-19 justru memiliki kekebalan tubuh melawan virus corona?

Banyak orang menjadi penasaran dengan pernyataan tersebut.

Kini untuk menjawab pernyataan pasien sembuh dari Covid-19 justru kebal dengan virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia WHO pun mengungkapkan fakta sesunngguhnya.

Berbanding terbalik dengan informasi yang beredar, WHO menyatakan sejauh ini belum ada bukti bahwa pasien yang pulih dari Covid-19 mempunyai kekebalan tubuh atas wabah itu.

Pemerintah Inggris dilaporkan sudah membeli 3,5 juta unit tes serologi, yang menentukan level antibodi di dalam plasma darah.

 Fakta-fakta Puluhan Tenaga Medis RSUP Kariadi Semarang Positif Corona, Terungkap Kronologinya

 VIRAL Bupati di Sulut Ingatkan Corona Keliling Bawa Peti Mati: Pilih di Rumah Atau Tinggal Kenangan

Dokter sedang cek foto rongent soal kondisi paru-paru pasien
Dokter sedang cek foto rongent soal kondisi paru-paru pasien (healthleadersmedia.com)

Namun, epidemiologis WHO menerangkan, saat ini belum ada bukti tes antibodi itu bisa menunjukkan seseorang yang terinfeksi Covid-19 tak akan terpapar lagi.

Banyak dari tes yang dikembangkan itu adalah tes darah kecil, mirip tes HIV instan, dan dipakai untuk mengukur kadar antibodi untuk melawan virus.

Dalam konferensi pers virtual di Jenewa, Dr Maria van Kerkhove berujar, banyak negara mengusulkan penggunaan rapid diagnostic tes serologi.

Dilansir Sky News, Sabtu (18/4/2020), Van Kerkhove mengatakan, penggunaan tes itu untuk mengukur apa yang mereka kira adalah imunitas melawan Covid-19.

HALAMAN SELANJUTNYA =================>

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved