Breaking News:

Siap-siap! Tahun Depan Dibuka Seleksi Pengangkatan Guru Honorer Jadi PPPK, Ini Penjelasan Nadiem

Tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka seleksi pengangkatan guru honorer menjadi PPPK.

Kolase TribunNewsmaker.com/ Kompas.com
Mendikbud Nadiem Makarim 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka seleksi pengangkatan guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ( PPPK).

Dibukanya seleksi tersebut diumumkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Diungkapkan Nadiem, pengangkatan guru honorer menjadi PPPK merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada para peserta didik melalui penyediaan tenaga pendidik yang berstatus Aparatur sipil Negara (ASN).

Pemerintah tengah melakukan pendekatan lewat rekrutmen guru.

“Oleh karena itu salah satu pendekatan yang kami upayakan adalah melalui rekrutmen guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK),” kata Nadiem dalam konferensi pers Seleksi Guru PPPK tahun 2021, Senin (23/11/2020).

Untuk mewujudkannya, pemerintah resmi mengumumkan seleksi guru PPPK tahun 2021.

Baca juga: KABAR GEMBIRA Buat PNS & PPPK, Surat Edaran Menteri Tjahjo Bikin Plong! Baca Isinya, Berlaku 13 Juli

Baca juga: SYARAT Penerima BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta, Langsung Cek di info.gtk.kemdikbud.go.id

Mendikbud Nadiem mengumumkan Seleksi Guru PPPK tahun 2021(Kemendikbud)
Mendikbud Nadiem mengumumkan Seleksi Guru PPPK tahun 2021(Kemendikbud) 

“Terkait hal tersebut, pada hari ini pemerintah secara resmi mengumumkan rencana seleksi guru PPPK tahun 2021,” imbuh dia.

Nadiem mengatakan, selain memastikan ketersediaan pengajar andal, kebijakan ini juga membuka peluang kesejahteraan bagi para guru honorer di berbagai wilayah tanah air yang memang layak menjadi ASN.

Selain itu,  pemerintah juga telah menempuh berbagai upaya dengan koordinasi, singkronisasi dan integrasi berbagai program dan kebijakan antar kementerian dan lembaga.

Kerjasama tersebut yakni dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Kementerian Keuangan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Upaya tersebut diantaranya mengenai peta kebutuhan, pengusulan formasi, kebutuhan alokasi anggaran untuk gaji beserta tunjangan yang melekatnya serta proses rekruitmen,” kata Nadiem.

Guru honorer (Ilustrasi)
Guru honorer (Ilustrasi) (Freepik.com)

Cara Cek Nama Penerima BLT Guru Honorer

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Prof Ainun Na'im, mengatakan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji para guru/ dosen dan tenaga kependidikan honorer mulai dicairkan pada November dan Desember 2020.

"Pencairan BSU ( BLT guru honorer) sudah mulai bisa dilakukan sekarang, pada November dan Desember nanti," kata dia dilansir dari Antara, Sabtu (21/11/2020).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved