Breaking News:

Gempa di Majene

Kemensos Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Majene & Mamuju: 'Kami Upayakan Secepat-cepatnya'

Kementerian Sosial mengirimkan bantuan logistik untuk korban gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

TRIBUN-TIMUR.COM/NURHADI
Bangunan roboh akibat gempa yang mengguncang beberapa daerah di Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kementerian Sosial mengirimkan bantuan logistik untuk korban gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, bantuan logistik tersebut berasal dari gudang di Mamuju dan dikirim dari gudang regional di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan logistik untuk korban gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021).

Gempa tersebut berpusat di Majene bermagnitudo 6,2 SR terjadi pada Jumat (15/1/2021) pukul 02.30 WITA.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, bantuan logistik tersebut berasal dari gudang di Mamuju dan dikirim dari gudang regional di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat pagi.

Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Kepala BNPB Doni Monardo meninjau dan memberikan bantuan untuk korban gempa di Majene dan Mamuju Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2020).
Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Kepala BNPB Doni Monardo meninjau dan memberikan bantuan untuk korban gempa di Majene dan Mamuju Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2020). (DOKUMENTASI KEMENSOS)

"Kami upayakan bantuan secepat-cepatnya untuk penanganan warga terdampak gempa," ujar Risma dikutip dari siaran pers, Jumat.

Sebelumnya, Risma juga telah memerintahkan jajarannya untuk mengirimkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) wilayah sekitar, dan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) ke lokasi bencana.

Sebagai bentuk pertolongan pertama, kata dia tim Tagana setempat telah melakukan evakuasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan TNI-Polri.

Adapun bantuan logistik yang dikirim antara lain berupa matras, tenda, perlengkapan anak, perlengkapan lansia, makanan siap saji, dan lainnya.

Bantuan logistik tersebut akan dikirimkan secara bertahap mulai Jumat pagi.

"Semua logistik di gudang Sulbar dikeluarkan untuk membantu masyarakat. Dapur umum akan didirikan di titik pengungsian," kata dia.

Terlebih, satu unit mobil dapur umum juga mampu memasak sampai 2.000 nasi bungkus dalam satu kali masak sehingga dalam sehari bisa menghasilkan 6.000 nasi bungkus.

Diberitakan sebelumnya, gempa di Majene tersebut memporak-porandakan banyak bangunan, termasuk di antaranya Kantor Gubernur Sulawesi Bara, Rumah Sakit Mitra Mankarra, dan banyak bangunan lainnya. Gempa tersebut juga berdampak ke Mamuju.

Gempa susulan dengan getaran lebih kuat, 6,2 magnitudo, mengguncang wilayah Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021).

Sebanyak tiga kali gempa susulan terasa hingga Kota Makassar dengan durasi lebih lama.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved