Breaking News:

Penanganan Covid

Update Riset Vaksin Merah Putih, Uji Klinis Tahap Satu Diperkirakan Selesai Pertengahan Tahun 2021

Uji klinis vaksin merah putih masih dilakukan, Menristek sebut uji klinis tahap satu paling cepat pertengahan tahun 2021

europeanpharmaceuticalreview.com
ILUSTRASI vaksin Covid-19. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan uji klinis Vaksin Merah Putih paling cepat bakal dilaksanakan pada pertengahan tahun 2021 ini.

Terdapat sejumlah perguruan tinggi dan lembaga riset yang saat ini melakukan pengembangan vaksin Covid-19.

Lembaga dan kampus yang akan melakukan uji klinis pada pertengahan tahun ini, menurut Bambang, adalah yang paling telah menemukan bibit vaksin.

"Beberapa platform yang relatively paling cepat di tahapan laboratorium sampai penemuan bibit vaksin. Paling cepat uji klinis tahap satu itu.

Mungkin sesudah atau sekitar pertengahan tahun ini," ujar Bambang dalam Review Kinerja dan Outlook Kemenristek/BRIN di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (27/1/2021).

Bambang menjelaskan bahwa proses pengembangan selanjutnya setelah penemuan bibit vaksin, sebenarnya dilakukan oleh perusahaan farmasi.

Lembaga riset dan perguruan tinggi berperan dalam menemukan bibit vaksin. Proses selanjutnya dilakukan oleh perusahaan farmasi.

"Setelah itu kendali ada di pabriknya, ada di Bio Farma," ungkap Bambang.

Baca juga: 8 Penjelasan Analis Tentang Vaksin Covid-19, Singgung Kekebalan hingga Efek Jangka Panjang

Baca juga: Jokowi Ungkap Efek Vaksinasi Covid-19 Tahap 2, Momen Prof Abdul Muthalib Saat Menyuntik Disorot Lagi

Ilustrasi vaksin
Ilustrasi vaksin (ISTIMEWA)

Setelah penemuan bibit vaksin, perusahaan farmasi melakukan purifikasi, lalu scaling up dari bibit vaksin dan uji preklinik.

Baru setelah itu melakukan uji klinis dan uji klinis. Dalam uji klinis terdapat persyaratan, harus memiliki ethical clearance hingga izin dari BPOM.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Talitha Desena
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved