Breaking News:

Penanganan Covid

Jelang Cuti Bersama Lebaran, Pemerintah Kebut Vaksinasi Booster, Dianjurkan Bagi yang Ingin Mudik

Pemerintah kebut vaksinasi booster Covid-19 menjelang cuti bersama Hari Raya Idul Fitri

Editor: Talitha Desena
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI - Petugas medis melakukan proses penyuntikan vaksin kepada peserta pada gelaran Sentra Vaksinasi Covid-19, di Rumah Sakit Hermina Pasteur, Jalan Dr. Djunjunan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/11/2021). 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan Presiden Joko Widodo meminta bawahannya memperhatikan sejumlah aspek dari Lebaran 1443H/2022M ini. 

Satu di antaranya yang ditekankan yaitu agar kasus Covid-19 tak naik karena mudik tahun ini yang sudah diperbolehkan. 

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) persiapan Idulfitri 1443 Hijriah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/4/2022).

"Syukur-syukur setelah Lebaran nanti justru kaya Covid-19 lebih rendah dibanding yang sekarang ini,” kata Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Muhadjir mengatakan Jokowi memberikan arahan agar pelaksanaan vaksin terutama untuk dosis II dan booster dilaksanakan dengan sungguh-sungguh terutama bagi warga yang akan mudik. 

“Karena berdasarkan hasil uji lapangan menunjukkan bahwa booster memang menjadi faktor yang sangat determinan di dalam upaya kita untuk menekan angka kasus dan kematian Covid-19,” ujar Muhadjir. 

Baca juga: Cara Daftar Vaksin Booster, Bisa Lewat PeduliLindungi Atau Datang Langsung ke Fasilitas Kesehatan

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Wajib Masyarakat untuk Mudik, Sehingga Tak Perlu Tes Antigen Atau PCR

Ilustrasi vaksin
Ilustrasi vaksin booster (ISTIMEWA)

Ia mengatakan, orang yang sudah di booster memiliki tingkat ketangguhan imunitas yang berkali lipat dibanding yang belum disuntik booster.

"Oleh karena itu dalam momentum kegiatan Ramadhan ini, terutama dalam pelaksanaan ibadah tarawih diupayakan untuk dilaksanakan sekaligus vaksinasi dan booster," ucap Muhadjir.

Sementara itu, bagi masyarakat yang sudah menyiapkan diri untuk melaksanakan mudik, diharapkan untuk mendaftarkan diri berkunjung ke gerai vaksinasi yang dibuka di beberapa masjid secara bergiliran terutama di wilayah yang akan menjadi tempat pemberangkatan mudik, yaitu di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

“Sekali lagi saya tekankan marilah semuanya yang sudah berniat mudik untuk segera melakukan vaksinasi terutama yg sudah vaksin kedua untuk melaksanakan vaksin booster,” kata Muhadjir.

Pemerintah memutuskan cuti bersama IdulFitri 1443 Hijriah jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2022. 

Sementara itu, tanggal 2 dan 3 Mei 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional Lebaran.

(Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Umumkan Cuti Bersama Lebaran, Menko PMK: Pemerintah Kebut Vaksinasi Booster

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved