Breaking News:

Harga Pertalite, Pertamax & Solar Naik, Jenis BBM Ini Malah Semakin Murah, Cek Daftar Selengkapnya

Ada yang naik ada juga yang turun, berikut harga lengkap BBM Pertamina terbaru setelah kenaikan pada hari Sabtu (3/9/2022).

Editor: Candra Isriadhi
ADEK BERRY / AFP
Seorang pekerja PT Pertamina mengisi tangki truk dengan bahan bakar minyak (BBM). Ada yang naik ada juga yang turun, berikut harga lengkap BBM Pertamina terbaru setelah kenaikan pada hari Sabtu (3/9/2022). 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ada yang naik ada juga yang turun, berikut harga lengkap BBM Pertamina terbaru setelah kenaikan pada hari Sabtu (3/9/2022).

Pemerintah Indonesia remsi menaikkan harga BBM subsidi berjenis Pertalite, Pertamax dan Solar.

Kenaikkan harga BBM tersebut tentu membuat banyak masyarakat yang mengeluh.

Pemerintah akhirnya buka suara soal simpang siur harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang disebut-sebut bakal naik atau tidak lagi disubsidi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan harga BBM bersubsidi telah disesuaikan.

"Antara lain Pertalite, dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter," kata Arifin dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9/2022).

Kemudian, lanjut Arifin, yakni BBM jenis Solar Subsidi dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter.

Seorang pekerja PT Pertamina mengisi tangki truk dengan bahan bakar minyak (BBM). Kuota Pertalite dan Solar Diprediksi Habis September dan Oktober 2022.
Seorang pekerja PT Pertamina mengisi tangki truk dengan bahan bakar minyak (BBM). Kuota Pertalite dan Solar Diprediksi Habis September dan Oktober 2022. (ADEK BERRY / AFP)

Tak hanya BBM bersubsidi, Arifin mengatakan BBM nonsubsidi juga mengalami penyesuaian harga.

"Pertamax nonsubsidi dari Rp12.500 per liter, menjadi Rp14.500 per liter," kata Arifin.

"Ini berlaku satu jam sejak saat penyesuaian harga saat ini, jadi akan berlaku pukul 14.30 WIB. Terima kasih," pungkas Arifin.

Baca juga: Banyak Orang Kaya Nikmati BBM Subsidi, Ekonom Senior Beri Kritikan Untuk Perusahaan Atau Rakyat?

Baca juga: Siap-siap! 20,6 Juta Warga Dapat BLT Pengalihan Subsidi BBM Rp 600.000, Ini Tahap Penyalurannya

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. (BPMI Setpres)

Jokowi Terima Kajian

Seebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku dirinya telah menerima kajian atau hitungan dari para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju terkait BBM subsidi.

"Kemarin kan sudah saya sampaikan kalkulasi sudah disampaikan kepada saya, hitung-hitungan sudah disampaikan, tinggal ini kita putuskan," kata Jokowi saat kunker ke Lampung, dalam keterangan video yang diterima, Sabtu (3/9/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa laporan perhitungan atau kalkulasi terkait penanganan BBM bersubsidi akan ia terima dari para menterinya hari ini. Presiden sebelumnya meminta jajaran kabinetnya menghitung dengan teliti berbagai opsi penanganan BBM bersubsidi yang terkena imbas dari naiknya harga minyak mentah dunia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved