Breaking News:

Kunci Jawaban

SOAL & KUNCI JAWABAN Pelajaran IPA Kurikulum Merdeka Kelas 7 Hal 158, Takson Tertinggi & Terendah

Berikut ini soal dan kunci jawaban Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka kelas 7 atau 1 SMP halaman 158

Editor: Talitha Desena
Freepik.com
Ilustrasi belajar - Inilah soal dan kunci jawaban Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka kelas 7 atau 1 SMP halaman 158 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Soal dan kunci jawaban pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka kelas 7 atau 1 SMP halaman 158 yang membahas mengenai spesies tumbuhan.

Simak dengan baik soal dan kunci jawaban pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka kelas 7 atau 1 SMP halaman 158 ini dimana anak-anak akan belajar mengenai spesies tumbuhan dan juga presentase jumlahnya.

Dengan mengerjakan soal dan kunci jawaban pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka kelas 7 atau 1 SMP halaman 158, diharap anak-anak akan semain mengerti mengenai spesies hewan.

Berikut kunci jawaban materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka kelas 7 atau 1 SMP halaman 158.

Kunci jawaban IPA Kurikulum Merdeka kelas 7 halaman 158 memuat soal essai nomor 1 - 4.

Pada buku IPA Kurikulum Merdeka kelas 7 halaman 158, siswa diharapkan membaca dan memahami materi tentang spesies tumbuhan.

Baca juga: SOAL & KUNCI JAWABAN Pelajaran Matematika Kelas 9 Hal 158-160, Koordinasi Bayangan Hasil Translasi

Baca juga: SOAL & KUNCI JAWABAN Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 Hal 60 61, Isi Titik-titik dengan Vocabulary

Kunci jawaban IPA kurikulum merdeka kelas 7 halaman 158 tentang spesies tumbuhan.
Kunci jawaban IPA kurikulum merdeka kelas 7 halaman 158 tentang spesies tumbuhan.

 

Soal dan Jawaban

1. Tulislah urutan takson dari yang tertinggi sampai tingkatan terendah.

Jawaban:  Kingdom (kerajaan) atau regnum (dunia), phylum (filum) atau divisio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (falimi/suku), genus (marga), species (spesies/ jenis).

2. Jelaskan karakteristik khas dari kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia.

Jawaban: Karakteritik khas Monera adalah prokariotik. Karakteristik khas Protista adalah eukariotik, uniseluler, tidak ada jaringan terdiferensiasi. Fungi memiliki karakteristik eukariotik, sel berupa hifa, berdinding sel dan heterotrof. Karakteristik Plantae adalah eukariotik, berdinding sel, multiseluler dan autotrof. Karakteristik Animalia adalah euakriotik, tidak berdidinding sel, heterotrof dan multiseluler.

3. Seorang siswa mengamati spesimen tumbuhan dari halaman sekolah. Karakteristik yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut adalah memiliki bunga dan memiliki tulang daun yang sejajar. Bagaimanakah karakteristik lain yang dimiliki tumbuhan tersebut? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban: Karena memiliki bunga dan berdaun sejajar maka termasuk ke dalam Monokotil. Karakteristik lainnya adalah akar serabut, tidak berkambium, pembuluh tersebar, perhiasan bunga kelipatan 3 dan memiliki keping biji satu.

4. Meskipun banyak organisme yang sudah diidentifikasi, para ilmuan percaya bahwa masih banyak organisme yang belum teridentifikasi di dunia ini. Berikut adalah tabel yang menunjukkan jumlah organisme yang sudah diidentifikasi dan perkiraan organisme yang belum diidentifikasi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved