Saipul Jamil Bebas Disambut Kalungan Bunga, Najwa Shihab Beri Kritik Tajam: Gak Kalah Bahaya

Najwa Shihab kritik penyambutan bebasnya Saipul Jamil

Reporter: Galuh Palupi

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kritik keras dilayangkan Najwa Shihab atas penyambutan meriah bebasnya Saipul Jamil dari penjara.

Seperti diketahui, mantan suami Dewi Perssik itu baru saja bebas setelah dihukum dalam kasus pelecehan seksual terhadap remaja dan penyuapan.

Najwa Shihab melalui Instagramnya, mengunggah video berdurasi 3 menit 19 detik yang merekam momen Saipul Jamil keluar dari Lapas Cipinang.

Najwa Shihab kritik penyambutan Saipul Jamil (Instagram @najwashihab)

Sejumlah orang tampak telah menunggu Saipul.

Mereka memberikan karangan bunga dan menyediakan mobil porsche untuk Saipul.

Menurut Najwa Shihab, sambutan meriah itu bisa diartikan sebagai pemakluman terhadap aksi kekerasan yang dilakukan Saipul terhadap korban.

Baca juga: CUEK Diboikot, Saipul Jamil Eksis Tampil di YouTube, Curhat Bareng Gilang Dirga, Tangisannya Disorot

"Perilaku ini lama kelamaan bisa membuat 'pemakluman' atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang dilakukannya," tulis Najwa Shihab, dikutip Tribunnews, Minggu (5/9/2021).

"Yang gak kalah bahaya, orang-orang bisa gak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual. Selain itu, perilaku ini juga bisa bikin orang-orang jadi merasa 'biasa' melihat para pelaku kekerasan seksual," tambahnya.

Lanjutnya, glorifikasi pembebasan Saipul Jamil yang dipertontonkan di media juga dapat memicu para korban kekerasan seksual untuk takut berbicara.

Indah Sari menjemput Saipul Jamil di Lapas Cipinang. (Instagram @indahsariofficial dan Wartakotalive.com/Ari Puji Waluyo)
Halaman
1234