Breaking News:

Pilkada 2020

Peluang Gibran Anak Jokowi Menang di Pilkada Solo, Analis: Sejarah Baru Presiden Punya Anak Walikota

Jika pasangan Gibran dan Teguh menang dalam Pilada Solo 2020, akan menjadi sejarah baru yakni Presiden dengan anak Wali Kota pertama di Indonesia.

Tangkap Layar Kompas TV dan KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka didampingi sang istri, Selvi Ananda di halaman gedung Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019). 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kemenangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh dalam Pilkada Solo digadang-gadang bisa mengubah sejarah Indonesia.

Jika pasangan Gibran dan Teguh menang dalam Pilada Solo 2020, akan menjadi sejarah baru yakni Presiden dengan anak Wali Kota pertama di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat Universitas Diponegoro Wijayanto.

Gibran Rakabuming
Gibran Rakabuming (KOMPAS.com / Garry Andrew Lotulung)

Baca juga: POPULER Ranking 10 Besar Calon Kepala Daerah Terkaya, Gibran Putra Jokowi Ternyata Tak Termasuk

Baca juga: POPULER Rincian Harta Bobby Nasution Jelang Pilkada 2020, Lebih Besar dari Gibran, Tak Punya Utang

Menurut pengamat politik dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Wijayanto, inilah untuk pertama kalinya ada presiden punya anak yang terpilih jadi walikota. "Ini sejarah baru," katanya saat menjadi narasumber di Kompas.TV, Rabu (9/12/2020).

Menurut Wijayanto, kelebihan Gibran adalah karena dia masih muda bila dibandingkan dengan lawannya  Bajo (Bagyo Wahyono - FX Supardjo).

Namun kelemahannya adalah Gibran tidak memiliki rekam jejak sebagai pemimpin politik. Tapi sebagai anak presiden,  Gibran bisa  saja mewarisi nilai-nilai politik yang diwariskan oleh ayahnya. 

Posisi Jokowi sebagai presiden, menurut Wijayanto, menguntungkan bagi Gibran. Sebab dalam teori terbaru tentang politik dinasti, tidak semata hanya mewariskan kekuasaan kepada generasi selanjutnya. "Misalnya seperti kerajaan," katanya.

Dalam teori terbaru, politik dinasti juga bisa berarti ketika seseorang maju dalam seleksi politik, ada faktor kerabat dalam kekuasaan yang membantunya. Dalam hal ini, Jokowi di pemerintah pusat dan Gibran di Solo.

Pasangan Gibran-Teguh diprediksi menang di Solo, bukan saja dukungan seluruh kekuatan politik (kecuali PKS) tapi juga faktor Jokowi. Sementara pasangan Bajo hanya mendapatkan dukungan 38.831 suara. 

Menurut Lembaga Survei Indo Barometer,  pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa akan melenggang mulus dalam memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

HALAMAN 2 >>>>>>>

Ikuti kami di
Editor: Salma Fenty Irlanda
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved