Breaking News:

Penanganan Covid

Update Terbaru Vaksin Merah Putih, Diharapkan Bisa Diproduksi Secara Massal pada Kuartal I 2021

Perkembangan vaksin Merah Putih, lembaga Eijkman akan memberikan bibit vaksin kepada Bio Farma di kuartal I 2021

freepik.com
Ilustrasi vaksin (freepik.com) 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memberikan informasi terbaru terkait perkembangan vaksin Merah Putih.

Erick mengatakan, Lembaga Eijkman segera memberikan bibit vaksin kepada Bio Farma di kuartal I 2021.

Lembaga Eijkman adalah lembaga penelitian biologi molekuler berstatus satuan kerja di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

"Kabar terakhir Eijkman akan push memberikan seed vaksin kepada Bio Farma sesuai target di kuartal I 2021. jadi pada Maret diharapkan on time," kata Menteri Erick dalam paparan mengenai vaksin secara daring, Selasa (23/2/2021).

"Dan kami akan lakukan uji klinis dari vaksin atau seed vaksin yang sudah diberikan oleh Eijkman nantinya," lanjut Erick.

Ia kembali menjelaskan, jika rampung dan sukses melewati 3 tahapan uji klinis, vaksin Merah Putih bisa diproduksi secara massal di kuartal I 2021.

Erick pun menegaskan, Pemerintah melalui pihaknya, sangat serius dalam pengadaan vaksin untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Vaksin Nusantara Gagasan Mantan Menkes Terawan, Berharap Tak Ada Klaim Dini

Baca juga: Klaim Punya Cara untuk Mempercepat Proses Vaksinasi Covid-19, Pemprov Jateng Jabarkan Strateginya

Contoh (dummy) vaksin covid saat simulasi vaksinasi Covid-19. Cek nama penerima Vaksin Covid-19 gratis tahap awal di pedulilindungi.id dengan NIK. Simak caranya. Surya/Ahmad Zaimul Haq
Contoh (dummy) vaksin covid saat simulasi vaksinasi Covid-19. Cek nama penerima Vaksin Covid-19 gratis tahap awal di pedulilindungi.id dengan NIK. Simak caranya. Surya/Ahmad Zaimul Haq (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

"Jadi kalo dilihat, kami juga sedang mempersiapkan pengadaan vaksin 2022 sejalan dengan penemuan vaksin merah putih," ucap Menteri Erick Thohir.

Sebelumnya, Bio Farma juga telah menyatakan siap menerima bibit vaksin dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Rencananya, bibit vaksin tersebut akan diserahkan pada Maret 2021 untuk kemudian melalui uji praklinik dan uji klinik, serta diproses untuk perizinan.

(Tribunnews/Sanusi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menteri Erick Umumkan Perkembangan Terbaru Vaksin Merah Putih

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Ikuti kami di
Editor: Talitha Desena
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved