Breaking News:

Penanganan Covid

Terkait Pembelajaran di Masa Pandemi, Satgas Covid-19 Imbau Orangtua Ikut Bertanggung Jawab

Satgas Covid-19 minta orangtua ikut tanggung jawab dalam pembelajaran di masa pandemi.

TribunNewsmaker.com/ Agung Budi Santoso
Amira Prabandari, siswi SD Sumber 2 di Surakarta sedang belajar secara online lewat handphone 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi menilai orang tua memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran anak selama pandemi Covid-19.

Menurut Sonny, tanggung jawab tersebut bukan hanya dibebankan kepada pihak sekolah.

"Kami juga berkali-kali menyampaikan bahwa tanggung jawab pendidikan tidak bisa pada sekolah, karena orang tua ikut bertanggung jawab untuk mendidik anaknya," ujar Sonny dalam Sosialisasi Edukasi Perubahan Perilaku di Masa Pandemi Covid-19 yang digelar secara daring, Rabu (2/12/2020).

Sonny mengakui selama ini terdapat persepsi bahwa pembelajaran hanya dapat dilakukan sekolah.

Meski begitu, Sonny mengatakan guru juga memiliki peran penting dalam pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Jadi peran guru juga sangat penting, karena guru memotivasi siswa didiknya peserta didik untuk terus menerus punya semangat belajar," ucap Sonny.

Baca juga: Presiden Joko Widodo: Kita Sangat Optimistis dalam Pengendalian Covid-19

Baca juga: PERHATIKAN Ini Bedanya Indra Penciuman Hilang karena Tertular Covid-19 dan Pilek Biasa

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku Sonny Harry B Harmadi menjadi narasumber dalam acara Kick Off Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 bersama BKKBN, Jumat, (2/10/2020).
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku Sonny Harry B Harmadi menjadi narasumber dalam acara Kick Off Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 bersama BKKBN, Jumat, (2/10/2020). (Tribunnews.com/Dennis Destryawan)

"Jadi bukan hanya transfer of knowledge, tapi kita punya PR Bagaimana menjaga motivasi para peserta didik untuk terus sekolah dan mau belajar," tambah Sonny.

Seperti diketahui, Pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Dalam SKB yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, serta Menteri Dalam Negeri ini disebutkan satuan pendidikan diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka mulai Januari 2021, dengan syarat protokol kesehatan yang ketat.

Diketahui pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M yakni memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved