Breaking News:

Reshuffle 'Win-win Solution' Kabinet Jokowi di Akhir Tahun Dinilai Puaskan PDIP, Gerindra & PKB

Keputusan Presiden Joko Widodo untuk merombak kabinetnya dan menunjuk enam menteri baru dinilai memuaskan beberapa partai politik.

Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Momen pelantikan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ketika drama reshuffle kabinet Jokowi di akhir tahun memuaskan partai politik.

Keputusan Presiden Joko Widodo untuk merombak kabinetnya dan menunjuk enam menteri baru dinilai memuaskan beberapa partai politik.

Seoperti diketahui, menjelang akhir tahun 2020, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan perombakan kabinet atau reshuffle pada Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Menilik Gaji 6 Menteri Pengganti di Reshuffle Kabinet Jokowi, Berapa Upah Sandiaga Uno hingga Risma?

Baca juga: Daftar Nama Menteri yang Bakal Dirotasi & Diganti dalam Reshuffle Kabinet, Terawan hingga Wishnutama

Reshuffle dilakukan setelah ada dua menterinya yang tersandung dugaan korupsi. Pengumuman itu digelar Jokowi di Istana Negara, Jakarta,

Total, ada enam menteri yang ditukar dan diganti Jokowi. Mereka dilantik presiden sehari setelah pengumuman, yaitu pada Rabu (23/12/2020).

Para menteri hasil perombakan kabinet tersebut yaitu, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama, serta Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Kemudian, Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Perombakan kabinet itu jelas disambut dengan sukacita oleh partai koalisi Jokowi. PDI-P dan Partai Gerindra, partai asal Juliari dan Edhy yang terjerat kasus korupsi, tetap mendapatkan jatah kursi menteri.

PDI-P puji Risma

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Risma, yang menjabat sebagai Mensos menggantikan Juliari, memiliki rekam jejak kerja yang gemilang.

HALAMAN 2 >>>>>>>>

Ikuti kami di
Editor: Salma Fenty Irlanda
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved