Breaking News:

Ingin Mendaftar CPNS dan PPPK 2021? Ini Deretan Jabatan yang Banyak Peluang, Seleksi Dimulai April!

Pemerintah akan mengumumkan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada akhir Maret ini. Kemudian, disusul proses rekrutmen di bulan April 2021.

KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Formasi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan diumumkan pemerintah pada akhir Maret ini.

Kemudian, disusul proses rekrutmen di bulan April 2021.

Seleksi CASN ini terdiri dari Sekolah Kedinasan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan, total kebutuhan ASN 2021, sebanyak 1.275.387.

Dengan instansi di pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi di pemerintah daerah sebanyak 1.191.718.

Lalu, jabatan apa saja yang dibutuhkan pada tahun ini?

Sebagaimana dikutip Tribunnewsmaker.com dari Kompas 'Ini Jabatan CPNS dan PPPK yang Banyak Dibutuhkan pada Rekrutmen April', menurut Tjahjo, jabatan dengan alokasi terbanyak tahun ini untuk pemerintah pusat yaitu Dosen, Penjaga Tahanan, Penyuluh KB, Analis Perkara Peradilan, dan Pemeriksa.

"Sedangkan pemerintah provinsi untuk jabatan Guru terbanyak adalah Guru BK, Guru TIK, dan Guru Matematika. Untuk jabatan Tenaga Kesehatan adalah Perawat, Dokter, dan Asisten Apoteker.

Sedangkan untuk jabatan Teknis seperti Pranata Komputer, Polisi Kehutanan, dan Pengawas Benih Tanaman," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: KAPAN Seleksi CPNS 2021 Dimulai? Lowongan Diperkirakan Ada 1 Juta Lebih, Ini Jadwal Pelaksanaannya

Baca juga: Ada yang Berbeda Terkait Ijazah dalam Pendaftaran CPNS 2021, Ini Info Baru bagi Calon Peserta

Sementara, pemerintah kabupaten/kota untuk jabatan dengan alokasi terbanyak adalah Guru. Seperti Guru Kelas, Guru Penjasorkes, dan Guru BK.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved