Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 Tetap Dilaksanakan Saat Bulan Ramadhan 2021, Fatwa MUI: Tidak Membatalkan Puasa

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan 2021 akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang berpuasa

Shutterstock
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan 2021 akan tetap dilaksanakan.

Dikutip dari tayangan live Kompas.com pada Senin (5/4/2021), Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksinasi saat puasa tidak akan membatalkan niat puasa seperti yang dikutip dari Tribunnews dengan judul Bulan Ramadhan 2021, Kemenkes : Vaksinasi Covid-19 Tetap Dilaksanakan.

"Tetap bisa berjalan baik vaksinasi untuk kalangan muslim dan non muslim karena sudah ada fatwanya (MUI) bahwa itu (vaksinasi) tidak membatalkan puasa, selama tidak memberikan bahaya," ujar Siti Nadia.

MUI (Majelis Ulama Indonesia) juga merekomendasikan agar pemerintah tetap dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadan, demi mencegah penularan Covid 19.

Siti Nadia menerangkan keputusan ini sebelumnya telah didiskusikan oleh Kementerian Kesehatan bersama dengan beberapa pihak.

Meski demikian, program vaksinasi ini tetap dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Vaksinasi yang akan dilakukan di bulan Ramadan ini nantinya akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa," ungkap Siti Nadia.

Baca juga: Indonesia Kehilangan Pasokan 10 Juta Dosis Vaksin, Budi Gunadi Sadikin: Produsen Sedang Tahan Suplai

Baca juga: Jangan Cemas saat Divaksin, Bisa Sebabkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, Ini Penjelasannya

Ilustrasi vaksin (freepik.com)
Ilustrasi vaksin (freepik.com) (freepik.com)

Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan mengingat manfaat vaksinasi sangat besar bagi untuk mempercepat kekebalan tubuh demi keberlangsungan aktivitas masyarakat.

"Sepanjang bulan Ramadhan tetap akan melakukan vaksinasi, karena mengingat manfaat vaksinasi sangat besar."

"Kita bermaksud mempercepat kekebalan kelompok, sehingga vaksinasi ini akan tetap terus kita laksanakan," ujar Siti Nadia.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Talitha Desena
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved