Breaking News:

Penanganan Covid

Kasus Covid-19 Naik, 5 Organisasi Profesi Dokter Minta Pemerintah Ambil Langkah Cepat, Sarankan Ini

Lima organisasi profesi dokter di Indonesia memberi pernyataan sikapnya terhadap lonjakan kasus Covid-19 yang naik, beberapa waktu ini

SHUTTERSTOCK via Kompas.com
Ilustrasi virus corona atau covid-19. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Lima organisasi profesi dokter di Indonesia memberi pernyataan sikapnya terhadap lonjakan kasus Covid-19 yang naik, beberapa waktu ini.

Adapun lima organisasi itu, antara lain Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardivaskuler Indonesia (PERKI).

Sebagaimana dikutip Tribunnewsmaker.com dari Tribunnews Kasus Covid-19 Melonjak, 5 Organisasi Profesi Dokter Minta Pemerintah Lakukan Hal Ini, mereka minta pemerintah segera mengambil langkah cepat agar lonjakan kasus ini tak membuat sistem kesehatan di Indonesia lumpuh.

Pasalnya, jika sistem kesehatan lumpuh, nantinya sektor kehidupan lain akan ikut melemah juga.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu perwakilan dari PDPI, Erlina Burhan.

Baca juga: WASPADA RS Diprediksi 1 Bulan ke Depan Kolaps Akibat Kasus Covid-19 Melonjak Tajam

Baca juga: MENTERI Agama Batasi Kegiatan di Rumah Ibadah Akibat Varian Baru Covid-19 yang Muncul

"Jangan sampai terjadi sistem kesehatan kita menjadi collapse. Karena, kalau sistem kesehatan kita collapse dan kita tidak melakukan action apa-apa, maka sistem yang lain menjadi collapse."

"Ekonomi collapse, kemudian pendidikan collapse, anak-anak tidak bisa sekolah."

"Sampai sekarang tidak bisa sekolah tatap muka, itu karena sistem kesehatannya tidak dibenahi," ucap Erlina, dikutip dari tayangan langsung Kompas TV, Jumat (18/6/2021).

Maka dari itu, kelima organisasi tersebut memberikan rekomendasi terkait hal yang perlu dilakukan untuk mencegah lonjakan Covid-19 lebih besar lagi.

Berikut rekomendasi dari 5 organisasi profesi kedokteran terkait lonjakan kasus Covid-19
Berikut rekomendasi dari 5 organisasi profesi kedokteran terkait lonjakan kasus Covid-19. Salah satunya, minta Pemerintah menerapkan PPKM secara menyeluruh, Jumat (18/6/2021). (KompasTV)

 

Satu diantaranya, meminta pemerintah berlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara menyeluruh.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved