Breaking News:

MIRIS Harga BBM di Indonesia Naik, Pemerintah Malaysia Justru Menurunkan Tarif Bahan Bakar

Miris harga BBM di Indonesia naik, pemerintah Malaysia justru menurunkan di tengah lonjakan tarif minyak dunia.

Editor: Candra Isriadhi
Pertamina dan Petronas
Ilustrasi SPBU di Indonesia dan Malaysia. Miris harga BBM di Indonesia naik, pemerintah Malaysia justru menurunkan di tengah lonjakan nilai minya dunia. 

TRIBUNEWSMAKER.COM - Miris harga BBM di Indonesia naik, pemerintah Malaysia justru menurunkan di tengah lonjakan tarif minyak dunia.

Hal tersebut tentu membuat banyak masyarakat terheran-heran kenapa di Indonesia tak memberlakukan penyesuaian harga sama seperti di Malaysia.

Diketahui pemerintah Indonesia baru saja menaikkan harga BBM subsidi jenis Pertalite, Pertamax dan Solar pada Sabtu (3/9/2022).

Namun, kebijakan negeri tetangga Malaysia untuk menurunkan harga BBM padaminggu lalu tentu sangat kontras dengan Indonesia.

Pemerintah Malaysia membuat kebijakan dengan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) RON97, dan mempertahankan harga untuk jenis lainnya di tengah lonjakan harga minyak dunia.

Dikutip dari Malaymail, Kamis (25/8/2022), Kementerian Keuangan Malaysia menyampaikan harga eceran untuk bensin dengan RON97 mengalami penurunan sebesar lima sen, dari yang semula 4,35 ringgit Malaysia per liter menjadi 4,30 ringgit Malaysia per liter.

Baca juga: Harga BBM Naik Pemilik Kendaraan Umum Malah Dukung Pemerintah Sesuaikan Tarif Sparepart Mahal

Baca juga: Jual BBM Murah, Vivo Kini Siap Tandingi SPBU Pertamina yang Harganya Ikuti Ketentuan Pemerintah

Menara Petronas Malaysia. Pemerintah Malaysia melakukan penurunan dan mempertahankan harga BBM di negaranya di tengah kenaikan harga minyak dunia.
Menara Petronas Malaysia. Pemerintah Malaysia melakukan penurunan dan mempertahankan harga BBM di negaranya di tengah kenaikan harga minyak dunia. (Asiaotaku.com)

Sedangkan harga BBM RON95 dan solar tidak mengalami perubahan, yakni tetap di harga 2,05 ringgit Malaysia per liter untuk BBM RON95 dan 2,15 ringgit Malaysia per liter untuk jenis solar.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Keuangan Malaysia mengatakan bahwa penurunan harga BBM jenis RON97 tersebut untuk melindungi konsumen dari kenaikan harga minyak global.

Sementara itu, harga BBM di Malaysia ditetapkan berdasarkan harga eceran mingguan produk minyak bumi, menggunakan formula Mekanisme Penetapan Harga Otomatis (APM).

“Pemerintah akan terus memantau tren harga minyak mentah global dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan kesejahteraan rakyat terus terlindungi,” katanya.

Indonesia Naikkan Harga BBM Subsidi

Baca juga: BBM Pertalite Naik Jadi Rp 10 Ribu, Banyak Pengendara Motor Memilih Pulang Daripada Bayar Mahal

Baca juga: Harga Pertalite, Pertamax & Solar Naik, Jenis BBM Ini Malah Semakin Murah, Cek Daftar Selengkapnya

Ilustrasi BBM jenis Pertamax, Pertalite, dan Solar.
Ilustrasi BBM jenis Pertamax, Pertalite, dan Solar. (setkab.go.id)

Berbeda dengan pemerintah Malaysia, Indonesia kini malah menaikkan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar.

Subsidi pada BBM selama ini dinilai telah memberikan beban kepada APBN.

Saat rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Rabu (24/8/2022), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dicecar pertanyaan terkait wacana kenaikan harga BBM subsidi khususnya Pertalite oleh para Anggota Komisi VII DPR RI di Gedung DPR, Jakarta.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved