Breaking News:

Penanganan Covid

Masa Inkubasi Orang Terpapar Covid-19 dan Muncul Gejala Rata-rata 5 Hari

Wiku Adisasmito menerangkan bahwa periode inkubasi seseorang antara terpapar virus Covid-19 dan munculnya gejala rata-rata, hanya 5 hari.

Tribunnews.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menerangkan bahwa periode inkubasi seseorang antara terpapar virus Covid-19 dan munculnya gejala rata-rata, hanya 5 hari.

Katanya, gejala selanjutnya dapat muncul 2 hari kemudian.

“Jika bisa disimpulkan bahwa ada waktu sekitar 3 hari untuk kontak erat tersebut dilacak dan diisolasi segera sebelum melanjutkan penularan ke lingkaran yang lebih luas lagi,” kata Wiku lewat keterangan tertulis, Jumat (27/11/2020).

Karena itu, ditegaskannya, selain mematuhi protokol 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, masyarakat harus sadar untuk bekerja sama tidak berkerumun.

“Apa yang kita semai, itulah yang akan kita tuai. Jangan gegabah dan egois,” kata dia.

Wiku menegaskan penambahan kasus positif yang sangat tinggi ini terjadi karena masih adanya penularan yang terjadi di masyarakat.

Baca juga: FAKTA Wagub DKI Riza Patria Positif Covid-19, Tertular dari Staf Pribadi, Begini Kondisi Terbarunya

Baca juga: Cegah Covid-19, Polri Pulangkan Santri yang Ingin Hadiri Haul di Ponpes Al Istiqlilyah: Tak Melarang

Masker pencegah penularan virus corona
Masker pencegah penularan virus corona (CC0 Public Domain)

Makanya, Wiku meminta mepada masyarakat untuk disiplin dalam menjalankan protokol 3M, dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

“Jangan sampai lengah sehingga kita dapat tertular Covid-19. Ingat kedisiplinan terhadap protokol kesehatan akan melindungi diri kita dan orang orang terdekat dari Covid-19,” ujarnya.

Wiku juga mengingatkan bagi satgas di daerah, jangan ragu untuk segera melakukan penindakan kepada masyarakat yang masih abai terhadap protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku tanpa pandang bulu.

“Jangan lengah, dan kepada seluruh aparat penegak hukum untuk benar benar mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat,” kata Wiku.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved