Breaking News:

Penanganan Covid

KABAR BAIK dari Menko Airlangga: Vaksin Covid-19 Sudah Didistribusikan ke Daerah Mulai Januari 2021

Menko Airlangga Hartarto menyampaikan vaksin Covid-19 sudah mulai didistribusikan ke daerah bulan Januari 2021.

Istimewa
1,8 juta vaksin sinovac tiba di Terminal Cargo 530 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (31/12/2020) sore. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kabar baik, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan vaksin Covid-19 sudah mulai didistribusikan ke daerah bulan Januari 2021. Proses vaksinasi menunggu emergency use authorization dari Badan POM.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, arahan Presiden Joko Widodo terkait rem dan gas penanganan pandemi Covid-19 harus diperhatikan, terutama akarnya yakni virus Covid-19 itu sendiri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, karena akar persoalan ini adalah Covid-19, tentu yang mengubah adalah vaksin.

"Tentu pandemi Covid-19 yang menjadi game changer melalui vaksinasi dan vaksinasi ini telah hadir telah ada di Indonesia 3 juta dosis.

Dan sekarang sebagian sudah disampaikan ke berbagai daerah," ujarnya saat saat pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2021, Senin (4/1/2021).

Airlangga menjelaskan, pemerintah berharap proses vaksinasi juga bisa langsung dimulai di pertengahan bulan Januari ini.

Ilustrasi: Petugas medis melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di RSI Jemursari, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12/2020). Acara simulasi vaksinasi dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar. Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi: Petugas medis melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di RSI Jemursari, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12/2020). Acara simulasi vaksinasi dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar. Surya/Ahmad Zaimul Haq (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

"Sedang menunggu daripada emergency use authorization dari Badan POM dan juga tunggu kehalalan daripada vaksin ini," katanya.

Baca juga: ISENG Pria Input NIK Jokowi Ternyata Tak Masuk Penerima Vaksin Pertama, Jubir Tak Bisa Pastikan

Baca juga: TAHAP Pertama untuk Nakes, Cara Cek Daftar Penerima Vaksin Covid-19, Segera Akses pedulilindungi.id

Pemerintah, mengharapkan semua proses vaksinasi bisa diselesaikan dengan berdasarkan data scintific yang sudah diperoleh.

"Baik dari penelitian di Bandung. Kemudian, di Turki dan juga sebagian yang dilakukan di Brasil dan beberapa negara yang sudah memberikan emergency use authorisation terhadap vaksin-vaksin yang dipesan di Indonesia," kata Airlangga.

(Tribunnews.com/Yanuar Nurcholis Majid)

Catatan Redaksi:

Bersama kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menko Airlangga: Vaksin Covid-19 Sudah  Didistribusikan ke Daerah Mulai Januari 2021

Ikuti kami di
Editor: Vega Dhini Lestari
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved