Breaking News:

Penanganan Covid

Tetap Bisa Divaksin Setelah Sembuh, Penyintas Covid-19 Harus Tunggu 8 Bulan, Ini Alasannya

Penyintas Covid-19 bisa divaksin namun harus tunggu 8 bulan, ini alasannya.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Contoh (dummy) vaksin covid saat simulasi vaksinasi Covid-19. Cek nama penerima Vaksin Covid-19 gratis tahap awal di pedulilindungi.id dengan NIK. Simak caranya. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pemerintah sudah memulai program vaksinasi Covid-19 sejak Rabu (13/1/2021) lalu.

Sejumlah kelompok sudah didaftarkan menjadi penerima vaksin, mulai dari para tenaga kesehatan, anggota TNI/Polri, tenaga pendidik, hingga para atlet.

Dari daftar yang sudah disusun itu, para penyintas atau orang-orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 tidak masuk di dalamnya.

Untuk saat ini para penyintas dinilai tak membutuhkan vaksin karena telah memiliki antibodi untuk melawan virus corona SARS-CoV-2.

Meski demikian, para penyintas juga masih punya peluang mendapatkan vaksin.

Menurut Ketua Tim Advokasi Pelaksanaan Vaksinasi sekaligus Juru Bicara PB IDI, Iris Rengganis, saat ini para penyintas memang belum menjadi prioritas.

Tapi nantinya mereka akan tetap mendapatkan vaksin.

Baca juga: Percepat Herd Immunity, IDI Sarankan Pemerintah Buka Jalur Vaksinasi Mandiri, Ini Pertimbangannya

Baca juga: Mengapa Ibu Hamil dan Menyusui Bukan Prioritas Vaksinasi Covid-19? Ternyata Ini Alasannya

Tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum (RSU) Bungsu, Jalan Veteran, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pos layanan ini dari 14, 15, dan 18 Januari 2021 berjalan lancar, sudah diikuti lebih dari 70 tenaga kesehatan di lingkungan RSU Bungsu dan beberapa tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum (RSU) Bungsu, Jalan Veteran, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pos layanan ini dari 14, 15, dan 18 Januari 2021 berjalan lancar, sudah diikuti lebih dari 70 tenaga kesehatan di lingkungan RSU Bungsu dan beberapa tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

”Kalau pernah terkonfirmasi dan terdiagnosa dengan penyakit Covid-19 itu kami hold dulu. Bukan berarti tidak boleh, tetapi dengan keterbatasan vaksin yang ada, kita mengutamakan yang belum pernah sakit dulu,” kata Iris dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi IX DPR RI, Selasa (19/1).

”Yang sudah pernah sakit tadi sudah bicara dengan Prof Kusnandi Rusmil, itu antibodinya masih bisa bertahan sampai 8 bulan. Jadi terbentuk antibodi alamiah,” ujarnya.

Selama jangka waktu 8 bulan setelah dinyatakan sembuh itu, IDI tetap mengimbau para penyintas agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved