Breaking News:

Penanganan Covid

Pemerintah & Swasta Saling Bantu Tangani Pandemi Covid-19, Optimalkan 3T, Ini Penjelasannya

Pemerintah terus menggaungkan program Testing, Tracing, dan Treatment (3T) sebagai salah satu cara untuk mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19)

SHUTTERSTOCK via Kompas.com
Ilustrasi virus corona atau covid-19. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pemerintah terus menggaungkan program Testing, Tracing, dan Treatment (3T) sebagai salah satu cara untuk mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19) di masyarakat.

Masyarakat pun diimbau untuk bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungannya melalui tes mandiri maupun kelompok agar bisa mengetahui apakah dirinya atau orang disekitarnya terpapar virus tersebut.

Jika ada yang terpapar, maka mereka akan secara cepat memperoleh perawatan dan pengobatan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang disediakan pemerintah maupun melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pelaksanaan program 3T merupakan strategi pemerintah dalam upaya pemerataan testing.

Selain itu, program tersebut juga dioptimalkan sebagai langkah edukasi bagi masyarakat terkait betapa pentingnya penerapan 3T saat pandemi seperti ini.

Sebagaimana dikutip Tribunnewsmaker.com dari Tribunnews Pemerintah dan Swasta Saling Bantu Tangani Pandemi Covid-19 dengan Optimalkan 3T, anggota Tim Penanganan Covid-19, Falla Adinda mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan seperti Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak (3M) sangat penting dalam upaya pencegahan penyebaran virus ini.

Selain itu, perlu dilakukan pula prinsip Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas (2M) merupakan langkah tambahan.

"Penanganan pandemi yang terpenting itu adalah 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak, serta ditambah 2M yakni menjauhi kerumunam dan mengurangi mobilitas," ujar Falla di webinar Kompas Talks bersama Harian Kompas bertajuk '#SATUAKSIUNTUKBERAKSI, Bersama Hadapi Pandemi', Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Beberapa Artis Film Menjalani Vaksinasi Covid-19, Reza Rahardian: Alhamdulillah Nggak Ada Apa-apa

Baca juga: Belajar Tatap Muka Terbatas, Sekolah Harus Bentuk Satgas Covid-19, Terapkan Prokes & Rapid Test

Ia pun menilai program ini dapat semakin optimal jika pihak swasta turut mendukung upaya pemerintah.

Seperti yang dilakukan perusahaan asuransi swasta tanah air, Manulife Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved