Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksin Sinovac Disebut Efektif Lawan Virus Mutasi B117, tapi Tidak untuk B1351, Ini Kata Peneliti

Para peneliti menyebutkan Vaksin Sinovac cukup efektif melawan melawan varian SARS-CoV tipe Liar B117. 

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas kesehatan Puskesmas dibantu petugas kepolisian mengambil Vaksin Covid-19 Sinovac saat didistribusikan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Jawa Barat, Rabu (13/1/2021). Dinas Kesehatan Kota Bandung mendistribusikan 25 ribu dosis vaksin Covid-19 Sinovac ke 80 puskesmas, 34 rumah sakit serta klinik-klinik di Kota Bandung untuk kebutuhan vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Para peneliti menyebutkan Vaksin Sinovac cukup efektif melawan melawan varian SARS-CoV tipe Liar B117. 

Hal ini disampaikan oleh epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman berdasarkan The New England Journal of Medicine (NEJM).

Berdasarkan penelitian secara laboratorium, Dicky mengatakan jika vaksin Sinovac punya kemampuan efikasi dalam melawan varian B117 di Inggris.

Sebagaimana TribunNewsmaker.com kutip dari Tribunnews.com berjudul : Peneliti Sebut Vaksin Sinovac Efektif Melawan Virus Mutasi B117, Tapi Tidak B1351, penelitian tersebut mengatakan jika vaksin ini masih cukup efektif dan hanya mengalami sedikit resistensi.

Baca juga: Lagi, Vaksin Covid-19 AstraZeneca Bermasalah, Muncul Kasus Pembekuan Darah di Eropa

Baca juga: Kemenkes, IDI, dan MUI Siap Jalankan Vaksinasi di Bulan Ramadhan 2021, Tidak Batalkan Puasa

Berbeda pada mutasi B1351 yang menunjukkan 2,5 sampai 3,3 kali menurunkan efikasinya dari vaksin ini. 

Namun di sisi lain, Dicky menambahkan jika pada penelitian ini belum melihat bagaimana efikasi vaksin pada varian B117 Plus mutasi E484K

"Namun yang jelas mutasi E484K di semua varian itu dapat menurunkan efikasi vaksin. Bagaimana detailnya, masih dalam proses penelitian," katanya saat diwawancarai, Jumat (9/4/2021).

(Tribunnews.com/Aisyah Nursyamsi)

#vaksin #sinovac #Inggris

Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved