Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksin yang Tak Boleh untuk Vaksinasi Gotong Royong Menurut Kemenkes: Sinovac, AstraZeneca, Pfizer

Juru Bicara COVID-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengklarifikasi dan menjelaskan simpang siur Permenkes Nomor 18 tahun 2021.

freepik
Ilustrasi suntik vaksin Covid-19 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Juru Bicara COVID-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengklarifikasi dan menjelaskan simpang siur Permenkes Nomor 18 tahun 2021.

"Kami tegaskan kembali bahwa vaksin yang digunakan dalam vaksinasi program pemerintah itu tidak boleh sama jenis dan merknya dengan yang digunakan oleh vaksin dalam program vaksinasi gotong royong," ujar Nadia dalam dialog KCPEN virtual, Rabu (16/6/2021).

Artinya vaksin Sinovac atau Coronavac, AstraZeneca, Novavax, maupun Pfizer tidak akan digunakan dalam vaksinasi gotong royong.

"Ini yang harus kita pahami," ucap perempuan berhijab ini.

Baca juga: Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tuai Pujian WHO, Termasuk Advance

Baca juga: Dinilai Aman, Vaksinasi untuk Usia 18 Tahun ke Atas di DKI Jakarta Pakai AstraZeneca, Mulai Juli

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi
Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi (Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Ia menjelaskan, dalam Permenkes terbaru disebutkan vaksin hibah atau bantuan dari negara-negara ataupun institusi dengan merk atau jenis yang sama dengan vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong-royong, dapat digunakan dalam vaksinasi program pemerintahan.

"Kebetulan merknya sama, yang saat ini kita sudah terima ya Sinopharm dari negara yang UEA itu sifatnya bukan kita beli tapi itu merupakan sumbangan, maka walaupun itu vaksin Sinopharm digunakan dalam vaksin gotong royong kita akan menggunakan vaksin sinophram ini dalam program pemerintah," jelas Nadia.

Nadia mengatakan, vaksinasi program pemerintah memungkinkan menggunakan jenis atau merk vaksin yang sama dengan program gotong royong dikarenakan sumbangan atau hibah.

"Tapi tidak sebaliknya atau merk vaksin yang ada di dalam program pemerintah kita tidak boleh digunakan di dalam vaksinasi gotong royong," kata Nadia.

(Tribunnews/Rina Ayu)


#vaksinasi #gotongroyong

Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved