Breaking News:

Penanganan Covid

Alasan Mengapa Vaksin Covid-19 Tahap Awal untuk Tenaga Kesehatan, Ikut Standar dari WHO

Pemerintah memprioritaskan 1,2 juta vaksin untuk tenaga kesehatan lebih dahulu, ini alasannya!

YouTube Sekretariat Presiden
1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020) malam. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pemerintah memutuskan sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac tahap awal yang tiba Minggu lalu diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, prioritas tersebut telah mengikuti standar organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Hal itu diungkap Airlangga dalam video dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang diterima Tribunnews.com, Rabu (8/12/2020).

"Ada tahapan prioritas-prioritas, karena prioritas kita mengikuti standar yang diberikan oleh WHO dan juga saran mereka yang expert," kata dia.

Selain itu vaksin yang diproduksi oleh Biotech belum mampu mencukupi kebutuhan vaksin untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah masih berupaya mendapatkan vaksin Covid-19 baik melalui jalur bilateral maupun multilateral.

Baca juga: Imbauan soal Pelaksanaan Vaksin Covid-19, Tak Boleh Kurangi Kepatuhan & Disiplin Protokol Kesehatan

Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Dampak Vaksin Terhadap Pengendalian Pandemi Akan Bertahap

1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020) malam.
1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020) malam. (YouTube Sekretariat Presiden)

Nantinya, vaksin Covid-19 dari Covax dan Gavi, Pfizer, AstraZeneca, Novavax maupun vaksin pemerintah yakni vaksin merah putih akan diberikan untuk masyarakat melalui jalur mandiri.

"Setelah program vaksin di awal tahapan berikut yang mandiri.

Untuk itu pemerintah sudah berbicara bukan hanya dengan Sinovac tetapi juga dengan Covax dan Cavi, kemudian juga pemerintah berbicara dengan Pfizer, AstraZeneca, Novavax dan juga pemerintah punya yang namanya vaksin Merah Putih," jelas ketua KCPEN ini.

Ia pun meminta masyarakat bersabar menunggu sambil terus menerapkan protkol 3M (memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan).

"Jadi dengan demikian pemerintah mencari multi-source daripada vaksin itu sendiri tetapi delivernya sudah pemerintah siapkan semua harus sabar," ujar Airlangga.

(Tribunnews.com/Ayu Panca Rini)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mengapa Vaksin Covid-19 Tahap Awal untuk Tenaga Kesehatan? Airlangga Hartanto Jelaskan Alasannya

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Ikuti kami di
Editor: Talitha Desena
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved