Breaking News:

Penanganan Covid

Covid-19 Semakin Menggila, Berakibat Forum Ekonomi Dunia di Singapura Batal Digelar Tahun Ini

Pandemi Covid-19 yang kembali menjadi membuat pertemuan tahunan khusus Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) di Singapura dibatalkan.

SkyNews
Kasus virus corona Covid-19 di India. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pandemi Covid-19 yang kembali menjadi membuat pertemuan tahunan khusus Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) di Singapura dibatalkan.

Pertemuan WEF sendiri dijadwalkan berlangsung pada bulan Agustus 2021.

WEF mengutip ketidakpastian global yang disebabkan oleh Covid-19 saat mengumumkan pembatalan pertemuan WEF tersebut, Senin (17/5/2021).

"Sayangnya, keadaan tragis yang terjadi di seluruh geografi, prospek perjalanan yang tidak pasti, kecepatan peluncuran vaksinasi yang berbeda dan ketidakpastian seputar varian baru bergabung sehingga tidak mungkin untuk mewujudkan pertemuan global dengan para pemimpin bisnis, pemerintah dan masyarakat sipil dari seluruh dunia di skala yang direncanakan," sebut WEF seperti dikutip Channel News Asia.

Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) 2020 di Davos, Swiss.
Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) 2020 di Davos, Swiss. (IDA International)

Pertemuan tahunan WEF berikutnya akan berlangsung pada paruh pertama tahun 2022, dengan lokasi dan tanggal akhir akan diputuskan berdasarkan penilaian situasi akhir musim panas ini, kata WEF.

Singapura dijadwalkan menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan Khusus WEF dari 17 Agustus hingga 20 Agustus 2021, setelah ditunda dari Mei 2021 karena pembatasan perjalanan Covid-19 di seluruh dunia.

Pendiri dan ketua eksekutif WEF Klaus Schwab telah mengunjungi Singapura pada bulan Februari lalu untuk mempersiapkan pertemuan di bulan Agustus.

Mengenai pembatalan acara, Schwab mengatakan itu adalah keputusan yang sulit, terutama mengingat minat yang besar dari mitra WEF untuk berkumpul tidak hanya secara virtual tetapi secara langsung, dan untuk berkontribusi pada dunia yang lebih tangguh, lebih inklusif dan lebih berkelanjutan.

“Namun pada akhirnya, kesehatan dan keselamatan semua orang yang terkait adalah prioritas tertinggi kami,” ujarnya.

Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura (MTI) sangat menghargai keputusan WEF tersebut. Kementerian ini menyebut tantangan yang disebabkan oleh pandemi global yang sedang berlangsung, terutama untuk pertemuan besar dengan peserta internasional yang luas.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Candra Isriadhi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved